Pages

Kamis, 25 Februari 2016

sejarah bass

Siapa sih yang menemukan atau menciptakan Gitar Bass Elektrik? Kebanyakan orang akan menjawab pertanyaan tersebut dengan nama Leo Fender. Namun, Apakah Ada Setidaknya lima prototipe gitar bass elektrik lainnya yang menyerupai desain saat ini yang telah merajalela, Sejarah gitar bass bermula pada tahun 1951. Bass modern merupakan keturunan langsung dari double bass, que tanggal kembali ke abad ke-17 . Namun, itu tidak sampai awal abad kedua puluh Bahwa desain bass diubah menjadi lebih praktis. Pada tahun 1920-an, Lloyd Loar yang bekerja di Gibson merancang pertama kali ‘bass listrik ganda’.
Bass yang digunakan pickup electro – static , tapi amply untuk frekuensi bass pada saat itu masih belum berkembang, sehingga tidak ada cara untuk mendengarkan instrument. Pada awal 1930-an , Paul Tutmarc Menjadi Dikenal single pertama untuk memperbaiki double bass ke ukuran yang lebih praktis. Prototipe pertama adalah tentang ukuran cello yang mengunakan pickup dasar, tapi terlalu berat dan desain saat itu disempurnakan menjadi lebih seperti gitar. Bass saat ini memiliki panjang sekitar 42 inci dengan body yang solid, terbuat dari kayu walnut hitam dan senar piano dengan dilengkapi pickup . Pada pertengahan 30-an , beberapa alat musik perusahaan mapan – Lyon & Healy , Rickenbacker , dan Gibson untuk beberapa nama – Mulai memasarkan elektrik bass eksperimental itu, seperti bass dengan prototipe Tutmarc, dimana lebih besar dibandingkan dengan double bass standar.
Namun, masih Ulasan ini adalah semua tinggi , unfretted , instrumen standar tegak diadakan di posisi tegak . Sekitar tahun 1940, Paul Tutmarc Jr memulai bisnis manufaktur gitar dan bass, termasuk bass Serenader. Hal ini didistribusikan oleh L. D. Heater Music Co, di Portland , Oregon , dan adalah pertama kalinya distributor besar menangani bass listrik . Fitur utama dari desain Were Pickup dan Ukuran yang lebih. Sangat sedikit perkembangan sampai Leo Fender menciptakan precision bass di tahun 1951. Bass ini memungkinkan not dimainkan dengan sangat presisi, sehingga orang-orang lebih mengenal gitar ini dan diproduksi secara massal. Pada tahun 1957, bentuk pickupnya di rubah menjadi split pickup, pickguard dan headstock dan didesain ulang oleh Were. Pada tahun 1960 , dirancang dan dibuat bass Fender Jazz, dengan dua pickup yang terpisah split pickup. Popularitas bass Fenderkemudian disusul oleh gitar bass dari Gibson, Rickenbacker , dan Hohner . Hal ini menyebabkan timbul dari popularitas di gitar bass modern, dan menyebabkan hal itu yang dikenal seperti saat ini. Gitar bass merupakan bagian penting dari rock, blues, jazz, funk, reggae dan genre musik lain yang tak terhitung jumlahnya. Pada tahun 1959 dibuat pertama kali gitar bass Danelectro dengan 6 senar, lagu EADGBE , dan Gibson dan Fender menggunakan konsep ini untuk membuat Gibson EB – 6 pada tahun 1960 , dan Fender VI di tahun 1962. Fender menciptakan pertama 5 senar pada tahun 1964, Dengan Fender V. Pada tahun 1965 datang fretless pertama Bass Aubi dari Ampeg dan pada tahun 1968, Muncul bass 8 string dari Hagstroem.
Pertama fretless 6 string (yang akhirnya dimiliki oleh Les Claypool ) di buat oleh Carl Thompson tahun 1978 . Karena gaya permainan seperti slap dan pop, jumlah variabel string dan kombinasi yang berbeda dari kayu, leher, dll . pickup menjadi harus jauh lebih bervariasi . EMG pickup Menjadi Banyak digunakan pada gitar bass . Bass gitar dipopulerkan awal oleh pemain seperti John Entwistle dan James Jamerson di tahun 60-an , Jaco Pastorius dan Stanley Clarke di tahun 70-an , dan Marcus Miller dan Cliff Burton di tahun 80an . 80-an melihat penurunan popularitas bass , sebagai fashion digunakan untuk Sintesis musik dansa elektronik. Namun, bass itu sekarang diversifikasi jauh dari gitar bass ganda . Saat ini, bass memiliki perkembangan yang signifikan karena Meningkatnya popularitas bassists seperti Les Claypool ( Primus ) dan Flea ( Red Hot Chili Peppers ), Sayangnya gitar bass double kurang peminatnya karena tidak mampu bersaing dikarenakan kurang kompak dan fleksibilitas.

sumber : http://pickgitar.com/blog/sejarah-asal-muasal-gitar-bass-elektrik

1 komentar: