Pages

Kamis, 25 Februari 2016

sejarah setrika

Kalian tahu setrika kan, teman2ku?Tentu tahu lah, masa engga. Terus kalian tahu ga, alat yang sering kalian pakai untuk merapikan baju itu, sudah sejak kapan ada di bumi ini?
Setrika dipercaya sudah digunakan oleh bangsa yunani sejak tahun 400 sebelum masehi. Bahkan bangsa romawi diduga sudah menggunakan setrika yang bentuknya sudah menyerupai setrika yang modern seperti saat ini. Berdasarkan catatan lainnya juga, bangsa china sudah menggunakan setrika logam yang berisikan bara api sebagai pemanasnya pada tahun 1 sebelum masehi. 
Untuk setrika zaman modern, kalian bisa melihatnya seperti setrika yang kalian punyai teman2. Penemu setrika zaman dahulu belum bisa diektahu penemunya karena kurangnya catatan – catatan sejarah tetapi untuk penemu setrika modern banyak orang – orang yang percaya bahwa Henry W. Seely adalah penemu setrika listrik.pertama, yaitu pada tahun 1882. Namun setrika listrik buatannya itu masih mempunyai banyak kelemahan, yaitu lama untuk panas tapi cepat untuk dingin, oleh sebab itulah banyak peneliti – peneliti yang mencoba untuk mencoba menyempurnakan sterika listrik nya. Adapun orang – orang yang mencoba menyempurnakan sterika Henry W. Seely yaitu Crompton pada tahun 1892 dan Earl Richardson pada tahun 1926. Crompton bersama rekan – rekannya berhasil  menjadikan strika listrik mempunyai pegangan sedangkan Earl Richardson bersama temannya Joseph Meyers melakukan penyempurnaan terhadap setrika listrik, sehingga ditemuka setrika uap.

sumber : https://izmauzumaky.wordpress.com/2012/11/02/mengenal-sejarah-setrika/

1 komentar: