Pages

Kamis, 25 Februari 2016

sejarah trumpet

Sejarah Instrumen Trumpet
Instrument trumpet pada awalnya pertama kali ditemukan di eropa barat yakni diantara masa jatuhnya kerajaan romawi pada abad 16. Kebanyakan instrument musik dalam bentuk aslinya memasuki daratan eropa dari timur melalui Byzantium, sedangkan dari arah lain yaitu dari timur laut melalui pantai baltik atau melalui kerajaan islam afrika utara. Pada masa itu belum terdapat keseragaman bentuk instrument musik, dan juga apabila dilihat dari segi teknik permainannya adalah masih sangat sederhana yang jauh berbeda dengan yang kita kenal pada masa sekarang. Secara nyata instruent musik yang dimaksud diatas, yang dapat kita yakini adalah bentuk umum konstruksinya dan juga cara memengangnya. Namun demikian pada Zaman Renesan telah menunjukkan suatu kemajuan teknik yang cermat dan disamping itu merupakan peristiwa bersejarah yang membukakan perhatian pada seniman untuk  mengungkapkan kebebasan perseorangan yang baru. Instrument musik zaman ini sebagai suatu komposisi gambaran yang tidak begitu memperhatikan fungsionalnya. Misalnya lukisan emas di national galery london, dimana phillipino lippis sempat menyumbangkan pikiran tentang sebuah komposisi  trumpet lipat ( Valdet Trumpet ) Pada abad 15 yang berbeda dengan korno romawi.
Trumpet adalah suatu instrument musik dan ide terwujudnya instrument tersebut menggunakan prinsip dari tabung bersuara seperti yang dilakukan oleh para pemburu maupun penjaga pos dengan tanduk binatang. Kemudian oleh salah seorang pekerja logam mulai merintis pembuatan trumpet dari lempengan logam, meskipun mengalami perubahan berulang – ulang sehingga dapat menghasilkan suara yang mirip dengan suara instrument
musik tiup dari tanduk binatang. Namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bentuk dasar instrument trumpet yang sekarang adalah hasil litus bangsa romawi. Karna trumpet di roma lazimnya digunakan pada acara kemiliteran. Bahkan instrument trumpet telah memiliki status sosial karna instrument seperti trumpet dan tambur hanya dimliki oleh militer atau bangsawan/kerajaan.
Perubahan trumpet dari tanduk binatang menjadi trumpet yang kita kenal sekarang dimulai sejak tahun 1300 dengan trumpet bentuk V yang mendatar dan renggang ( luas ). Kemudian secara bertahap lengkungan bentuk V tersebut dipersempit dan akhirnya menjadi bentuk yang saling bertindih. Dari tahun ke tahun ternyata bentuk trumpet semakin pendek, bahkan ada yang melingkar. Dari bentuk yang melingkar di atas, kemudian berkembang menjadi bentuk melingkar 3 kali ulang dan ternyata hasilnya sangat memuaskan. Bentuk melingkar ini pada mulanya tidak memperhatikan tempat khusus untuk memegang trumpet, dan oleh karna itu terdapat kelemahan yaitu struktur tidak stabil.

sumber : http://ezradeardopurba.blogspot.co.id/2014/03/sejarah-instrumen-trumpet.html

1 komentar: