Pages

Kamis, 25 Februari 2016

sejarah penghapus

Sejarah Penghapus

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Pensil dan sekarang kita akan membahas temannya pensil yaitu Penghapus. Betapa kita sadar bahwa pentingnya penghapus bagi kita, dan manfaat penghapus memang sangat dirasakan bagi para seniman profesional, dengan benda tersebut kita dapat membuat gambar dengan teknik tertentu seperti memberi kesan silau, efek smudge, serta efek butiran air. Bagaimana tentang Sejarah Penghapus, yuk kita simak cerita berikut ini.
Penghapus
Penghapus

Sejarah Penghapus

Joseph Priestley seorang pakar sains pada tahun 1770 menemukan bahan yang sesuai untuk menghilangkan tanda arang pensil pada kertas, dan pada tahun yang sama Edward Naime seorang insinyur Inggris menjadi pencipta penghapus pertama setelah menemukan penghapus. Kejadian tersebut sebenarnya tidak disengaja, ketika dia salah mengambil kepingan karet dan bukannya serbuk roti yang pada mulanya serbuk roti digunakan untuk menghapus.

Perkembangan Penghapus

Tetapi pada waktu itu bentuk penghapus masih dalam keadaan mentah artinya belum diolah secara baik dan juga sulit untuk disimpan. Selain itu penghapus waktu itu juga mudah rusak. Pada tahun 1839, ditemukan proses vulkanisasi oleh seorang penemu bernama Charles Goodyear. Dengan penemuan ini karet yang divulkanisasi menjadi tahan lama.

Jenis-jenis Penghapus

  • Penghapus karet(rubber eraser), kertas bisa sobek jika menggosokkan terlalu keras ke kertas.
  • Penghapus art gum, tekstur lebih lembut daripada Penghapus karet, tetapi lebih rapuh.
  • Penghapus kneaded, penghapus populer di kalangan pekerja seni, karena dapat menyamarkan goresan kecil dan memunculkan sebuah area baru pada suatu gambar. Terbuat dari sebuah adonan mirip lem yang kalis dan lembut. Jangan menyimpan jenis penghapus ini dengan suhu panas karena mudah meleleh.
  • Penghapus vinil, terbuat dari serat sintetis, jenis penghapus paling padat dan keras.
  • Penghapus elektrik, bekerja secara otomatis dan membutuhkan asupan daya untuk menggunakannya. Memiliki ujung yang dapat menghapus bagian-bagian yang kesalahan kecil.
  • Penghapus pensil, terbuat dari serat sintetis dan dapat diraut sampai runcing seperti pensil.
sumber : https://jadisejarahwan.wordpress.com/2015/08/28/sejarah-penghapus/

1 komentar: